CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 10 November 2011

Binatang yang Setia

1. Angsa adalah binatang yang setia pada pasangannya, angsa biasanya hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya sampai pasangannya mati, Kalau sudah ketemu betina yang pas, angsa jantan akan membawa pasangannya itu ke dalam kelompoknya. Dari seluruh angsa, ada yang unik dengan perilaku spesies angsa berbunyi, atau trumpeter swan. Ketika pasangannya meninggal, angsa tipe ini akan terus mengeluarkan suara seperti menangis, tanda berkabung. Trumpeter swan bisa ikut mati juga, kalau terlalu lama bersedih!
2. Keluarga besar beruang terkenal setia dengan pasangan masing-masing. Apalagi ras beruang abu-abu asal Eurasia ini. Mereka mengerti konsep keluarga, Begitu punya pasangan, si beruang jantan pasti protektif sama beruang betina. Seperti kepala keluarga yang sebenarnya, yang jantan akan sibuk mencari makanan, dan membuatkan tempat tinggal untuk keluarganya. Nanti kalau sudah punya anak, beruang jantan akan mengajari mereka cara berburu, sementara yang betina jaga kandang.
3. berang-berang
Hewan ini mulai mencari pasangan di usia tiga tahun. biasanya mereka selalu cari pacar ketika lagi di air dan sekali ketemu pasangan yang pas mereka akan setia pada pasangannya. Sebagian berang-berang memang tidak selalu berduaan. Tapi ketika musim kimpoi tiba, mereka pasti mencari pasangan tetapnya. Berang-berang adalah hewan yang setia. Cuma satu hal yang bisa bikin berang-berang mencari pasangan baru, yaitu kalau pasangannya mati.
4. Elang yang mampu terbang, berburu, dan memperjuangkan hidupnya. Namun hal itu tidak berarti ke-egois-an atau kondisi dimana seekor elang tidak membutuhkan Elang lain. Setidaknya sebagai pasangan hidup dan melanjutkan generasi. Satu hal yang mungkin sering orang lupakan, bahwa elang memilki pasangan monogami seumur hidup (yang kadangkala justru merugikan karena tingkat reproduksi rendah) yang artinya Elang adalah hewan yang sangat setia pada pasangannya. Kadang Pejantan pulang kesarang dengan membawa sesuatu yang entah itu bahan untuk sarang maupun sekedar sedikit makanan untuk si betina, pasangannya akan setia sampai bertahun-tahun melayaninya.
5. Merpati adalah burung setia dan tidak pernah ingkar janji, saat mengumpulkan jerami untuk mengerami telur mereka akan merajutnya bersama, Selama sang betina dalam masa mengerami telurnya sang pejantan akan menjaga di depan pintu rumahnya dari gangguan pejantan-pejantan lain. Bila sang betina letih dan lapar selama mengerami telur pejantanlah yang menggantikan mengerami telurnya tersebut.
Dan ketika telur-telur menetas menjadi merpati-merpati kecil…merawat dan memberi makan pun dilakukan bersama….dan yang paling penting adalah : selama itu merpati tidak berganti pasangan sampai anak-anaknya bisa terbang…. Itulah sebabnya dikatakan Merpati tak pernah Ingkar Janji…”.Saat sang betina kelaparan sang pejantan lah yang menyuapi istrinya tersebut dengan sisa makanan yang tersimpan di temboloknya.

0 komentar:

Poskan Komentar